Polisi mendalami modus jaringan kokain internasional di Indonesia

Jakarta  (ANTARA News) –  Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mendalami modus jaringan kokain internasional mengedarkan barang haram tersebut di Indonesia.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendiz di Jakarta, Kamis mengatakan, pihaknya sedang menelusuri jejak maupun modus jaringan besar kokain Belanda yang ada di Indonesia.

“Jaringan kokain Belanda ini memiliki beberapa modus, antara lain, ada yang menjual langsung di Belanda ataupun melakukan transaksi di Belanda,” ujar Erick.

Ia memaparkan ada dua modus berbeda dalam masuknya kokain dari Belanda ke Indonesia. Pertama yang telah dilakukan oleh tersangka Steve Emmanuel, yakni membawa kokain sendiri dari Belanda ke Indonesia.

Kedua seperti yang dilakukan asistem Ivan Gunawan, Andre Jordan Alatas (36), adalah transaksi dilakukan di Belanda, kemudian tersangka balik ke Indonesia. “Kemudian ada kurir dari benda tersebut yang merupakan warga negara Belanda yang mengantarkan barang tersebut ke AJ di Indonesia,” katanya.

Hingga kini, dua tersangka tersebut masih ditahan di Mapolres Jakarta Barat dan dilakukan pendalaman kasus untuk kelengkapan pemberkasan dan pengungkapan jaringan besar kokain Indonesia.

“Jaringan kokain sedang kami pelajari dan Insya Allah dalam waktu itu akan kita mengungkap lagi,” katanya.  
Baca juga: Steve Emmanuel tidak mengajukan permohonan rehabilitasi
Baca juga: Polisi pastikan Steve Emmanuel tidak direhabilitasi
Baca juga: Steve Emmanuel selundupkan narkoba jenis kokain

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019