Dua saksi diperiksa terkait insiden kebakaran di Tomang

Jakarta (ANTARA News) – Polres Metro Jakarta Barat telah memeriksa sedikitnya dua orang saksi terkait kebakaran pada Senin (21/1) dini hari, yang menghanguskan ratusan rumah di permukiman padat penduduk Jalan Tomang Utara I, Kelurahan Tomang, Jakarta barat.

Berdasarkan pemeriksaan, kebakaran tersebut diduga kuat berasal dari ledakan tabung gas 40 kg milik seorang pedagang rumah makan. Tabung gas yang sedang digunakan untuk memasak tersebut meledak hingga api cepat menjalar ke rumah-rumah sebelah sumber api.

“Penghuni rumah makan sumber ledakan tabung gas itu masih kami cari. Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui pasti sumber api,” ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki saat meninjau di lokasi kebakaran, Senin (21/1).

Ia menjelaskan, untuk mengungkap kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah itu, polisi melakukan penyelidikan dengan dua metode, deduktif dan induktif.

Dengan metode deduktif, polisi sudah memeriksa sejumlah saksi yang mengetahui asal mula kejadian kebakaran. Menurut keterangan saksi, api berasal dari ledakan tabung gas 40 kg dari sebuah rumah warung makan.

Untuk memastikan, dugaan akan diperkuat dengan metode induktif yaitu dari hasil penelitian tim Labfor untuk mengetahui di mana sumber titik bakar, titik karbon.

Dikatakannya apabila pelaku terbukti sengaja untuk mengakibatkan kebakaran, maka hal itu bisa diproses secara hukum dengan pasal 187. Sementara bila terjadi kelalaian maka pelaku bisa ditindak dengan Pasal 188 tentang kelalaian mengakibatkan kebakaran.

“Apakah kebakaran ini sengaja atau tidak, penyelidikan ini masih berlanjut. Kami meminta kepada Labfor untuk meneliti TKP. Kami akan pastikan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun hingga saat ini, pemukiman padat penduduk di Jalan Tomang I, Jakarta Barat hangus terbakar. Kobaran api menyebar dengan cepat dan menghanguskan 165 rumah warga. Lebih dari 1.200 jiwa dari 289 KK kehilangan tempat tinggalnya.

Sebanyak 25 mobil pemadam diterjunkan untuk memadamkan kobaran api. Dari informasi yang diterima, 165 rumah penduduk ludes terbakar di lima RT di tiga RW yakni, RT10 di RW 11, RT01, RT02 RT03 di RW14 dan RT02 di RW15.

Baca juga: 163 petugas damkar padamkan kebakaran di Tomang Utara

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019