1.449 personel gabungan jaga Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Bogor

Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) – Sebanyak 1.449 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan Natal 2018 dan Tahun 2019 di Kota Bogor, Jawa Barat, agar daerah ini tetap aman terkendali dan kondusif.

Kepala Bagian Operasi Polresta Bogor Kota, Komisaris Polisi Fajar Kuncoro, di Bogor, Sabtu, menyebutkan, “Dari Polresta Bogor sebanyak 725 orang, sisanya TNI, BKO dari Brimob Polda Jabar sebanyak satu peleton, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan instansi terkait lainnya.”

Ia mengatakan, pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini diwujudkan dalam Operasi Lilin Lodaya 2018. Mereka juga menyiagakan tim penjinak bom atau jibon yang nanti akan melakukan sterilisasi di gereja-gereja sebelum Natal.

Operasi Lilin Lodaya 2018 fokus pada pengamanan objek vital, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, tempat wisata, memastikan kelancara arus lalu lintas, dan patroli wilayah.

“Aparat keamanan berupaya mewujudkan suasana yang kondusif pada malam Natal dan perayaan pergantian tahun,” kata dia.

Sebanyak 48 gereja, kata dia, akan dijaga oleh personel pengamanan, dan terdapat delapan pos pengamanan tersebar di sejumlah kecamatan, lalu satu unit pos pelayanan, dan pengamanan.

Sementara itu, Satpol PP Kota Bogor menyiagakan ratusan personelnya di sejumlah titik yang menjadi pusat keraiaman, mengantisipasi kepadatan arus lalu-lintas, dan tempat peribadahan.

Tempat-tempat keramaian, di antaranya taman, pusat perbelanjaan, dan lokasi berkumpul warga, terutama pada malam pergantian tahun.

Begitu juga dengan Dinas Perhubungan Bogor menyiagakan 200 personel yang disebar di sejumlah Pos Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2018.

“Sudah dirapatkan secara gabungan antara Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan, 200 petugas disebar ke beberapa lokasi gereja dan pos pengamanan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Rakhmawati.

Guna memastikan arus mudik liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 berjalan aman dan lancar, kata dia, Dishub dan Polresta telah melaksanakan pengecekan kelayakan bus di Terminal Baranangsiang.

Sementara itu, situasi di Kota Bogor pada masa libur akhir pekan menjelang perayaan Natal 2018 terpantau ramai, khususnya arus lalu-lintas kendaraan yang masuk dari gerbang Tol Jagorawi.

Petugas melakukan rekayasa lalu lintas di pintu masuk Terminal Baranangsiang di samping Mesjid Raya untuk mencegah penumpukan kendaraan di Jalan Otto Iskandar Dinata.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018